BANTARA | |
Islam | |
1. a | Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam |
| Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara individu |
| Mampu menjelaskan makna berpuasa serta jenis - jenis Puasa |
| Tahu tata cara merawat jenazah |
| Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat |
| Dapat menghafal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut |
Khatolik | |
1.b | Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katolik |
| Dapat memimpin doa dan membangun membuat gerakan cinta pada keberagaman agama di luar gereja katolik |
Protestan | |
1.c | Mendalami hukum Kasih dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari |
Hindu | |
1.d | Dapat menjelaskan sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia |
| Dapat menjelaskan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu |
| Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu. |
| Dapat menjelaskan makna dan hekekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan. |
| Dapat mempraktekkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga |
| Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita. |
| Dapat mendeskripsikan struktur , fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan |
Buddha | |
1.e | Saddha: Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama |
| Merumuskan dasar-dasar keyakinan dan cara mengembangkannya |
| Menjelaskan sejarah Buddha Gotama |
| Menjelaskan Tiratana sebagai pelindung |
2 | Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman |
3 | Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik |
4 | Dapat hidup bersama antara umat beragama dan toleransi dalam bakti |
5 | Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 3 kali setiap bulan |
6 | Setia membayar iuran kepada Gugusdepan, dengan uang yang seluruh atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri |
7 | Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari |
8 | Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan. |
9 | Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali |
10 | Dapat menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali. |
11 | Mengenal, Mengerti dan Memahami isi AD & ART Gerakan Pramuka |
12 | Dapat menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia |
13 | Dapat menggunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan. |
14 | Dapat menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
15 | Dapat menjelaskkan tentang organisasi ASEAN dan PBB |
16 | Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan |
17 | Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat. |
18 | Dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari. |
19 | Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim. |
20 | Dapat menjelaskan perkembangan fisik antara laki-laki dan perempuan |
21 | Dapat memimpin baris berbaris sangganya, dapat menjelaskan tentang gerakan baris berbaris kepada anggota sangganya yang terdiri atas gerakan di tempat, berpindah tempat dan berjalan minimal 15 gerakan. |
22 | Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat. |
23 | Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut - turut |
LAKSANA | |
Islam | |
1. a | Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam di muka pasukan Penggalang atau Satuan Penegak |
| Dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan sholat dan dapat mendirikan Sholat sunah berjamaah |
| Dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan puasa serta dapat melakukan salah satu puasa sunah |
| Memahami tata cara merawat jenazah |
| Pernah menjadi amil zakat |
| Dapat menghafal ayat tematik, dari alquran dan mampu menjelaskannya |
Khatolik | |
1. b | Memahami dan mendalami 7 sakramen |
| Dapat menghafal dan menghayati akan riwayat salah satu Santo / Santa Membahas 10 Perintah Allah, dilengkapi dengan contoh kehidupan sehari-hari |
Protestan | |
1. c | Dapat memberi kesaksian didepan jemaat atau teman sebaya |
| Dapat berpartisipasi aktif dalam pelayanan Gereja sesuai bakat dan kemampuannya |
| Telah mengikuti pengajaran Agama (Katekisasi) |
Hindu | |
1.d | Dapat menjelaskan sejarah kerajaan /candi – candi agama Hindu di Indonesia |
| Dapat melafalkan dan bertindak sebagai pemimpin persembahyangan Panca Sembah. |
| Dapat menjelaskan Samsara / Punarbawa atau reinkarnasi sebagai bentuk untuk penyempurnaan kelahiran berikutnya. |
| Dapat menjelaskan konsep Ajaran Asta Brata |
| Dapat melakukan gerakan dan menjelaskan fungsi, serta manfaat dari setiap gerakan Yoga Asanas. |
| Dapat melafalkan dan mengkidungkan lebih dari satu bentuk Dharma Gita |
| Dapat menjelaskan bentuk dan fungsi dari seni sakral keagamaan Hindu. |
Buddha | |
1. e | Dapat memimpin dan mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama Buddha;hari Waisak, Asadha, Kathina, Maggapuja) |
| Saddha: Mendiskripsikan ruang lingkup dan intisari Tripitaka |
| Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa |
| Mendiskripsikan sila sebagai bagian dari jalan mulia berunsur delapan |
| Menjelaskan kebenaran yang terdapat dalam tripitaka |
2 | Dapat menerima kritik dari orang lain, serta berani mengeluarkan pendapatnya dengan tertib, sopan dan santun kepada orang-orang di sekitarnya |
3 | Dapat mengikuti dan atau memimpin diskusi Ambalan dan mampu mengambil keputusan |
4 | Dapat menjadi penengah (memberi solusi), jika terjadi ketidaksepahaman dalam kelompoknya |
5 | Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 3 kali setiap bulan |
6 | Setia membayar iuran kepada Gugusdepannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam mengelola administrasi keuangan |
7 | Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik |
8 | Pernah memimpin kegiatan di tingkat Ambalan |
9 | Pernah memimpin kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali |
10 | Dapat memimpin kelompok dalam menampilkan salah satu jenis kesenian daerah |
11 | Dapat menjelaskan sebagian isi AD & ART Gerakan Pramuka kepada Ambalan |
12 | Dapat menjelaskan di muka umum tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan dunia |
13 | Dapat melakukan pengembaraan selama 3 hari dan atau mengatur kehidupan perkemahan selama minimal 3 hari |
14 | Dapat menjelaskan sejarah, arti, tatacara penggunaan dan kiasan Sang Merah Putih |
15 | Dapat menjelaskan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB |
16 | Telah memiliki keterampilan kewirausahaan yang dapat menghasilkan uang |
17 | Dapat membuat salah satu jenis peralatan teknologi tepat guna |
18 | Dapat membuat struktur dari keterampilan tali temali dan pionering, yang dapat digunakan masyarakat Secara berkelompok . |
19 | Selalu berolahraga, Dapat melakukan olahraga renang selain gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga lainnya. |
20 | Dapat memahami dan menjelaskan tentang kesehatan reproduksi |
21 | Dapat mempersiapkan susunan dan pelaksana upacara, telah mempersiapkan minimal 3 kali upacara, telah menjadi pelaksana upacara minimal 3 kali. |
22 | Dapat menyebutkan penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat. |
23 | Dapat melakukan pengembaraan selama 3 hari berturut-turut |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar